Mulai Hari anda sekarang !!!!

Filed under: by: yc0nho

Tanpa terasa dan tidak terasa, pertengahan tahun 2009 sudah tiba. Perubahan apa yang anda inginakan dalam kurun waktu tahun 2009 ini? Apakah prioritas anda? Jika anda merasa belum menentukan, segera tentukan dan sebutkan sekarang. Ingin lebih sehat, panjang umur, menambah jumlah country dalam DXCC anda, menambah jumlah award yang dapat dipajang di hamshack anda, atau melengkapi peralatan di meja operator anda demi meningkatkan kinerja station anda?

Jika anda menjawab yes, ya, hai, yup, yo atau he em, langkah berikutnya adalah membuat semuanya menjadi kenyataan. Banyak orang macet dalam situasi seperti ini, dan seringkali mereka menginginkan perubahan tetapi semua itu hanya berkecamuk di dalam benak saja. Mereka mengalamai kesulitan untuk memulainya. Mereka tidak tahu harus mulai dari mana. Mereka ingin tahu seberapa besar usaha, energi, dan waktu yang dibutuhkan untuk memulainya. Kemudian jawaban terakhir adalah yap, nanti aku akan memulainya. Nah, pada titik ini biasanya meraka akan kembali ke putaran yang tidak berkesudahan. Apakah hal ini menjadi bagian dari diri anda?

Ketika perubahan terasa besar dan di luar kemampuan anda, cobalah untuk memulai langkah-langkah seperti ini. Supaya mudah diingat, kita singkat saja menjadi SMART. Ya, tentu saja ada kepanjangan dari kata tersebut.

1. Spesifik (Jelas). Tentukan tujuan atau keinginan anda secara sepesifik atau jelas.

2. Measurable (Terukur). Segala sesuatu yang kita tentukan sebagai tujuan harus bisa diukur. Jangan pernah tujuan anda menjadi sesuatu yang tidak terukur. Karena tidak bisa terukur akanmenjadikannya sebuah pemborosan waktu.

3. Action Oriented (Berorientasi pada tindakan). Banyak orang mempunyai tujuan dan rencana yang bagus termasuk batasannya. Namun sejujurnya banyak yang hanya berhenti sampa tahap rencana saja. Mereka jarang (tidak pernah) melakukan yang direncanakan. Jadi, mulailah untuk berorientasi pada tindakan. Atau dalam bahasa simple-nya "jangan ngemeng aja lo".

4. Realistic (Realistis). Seperti sebuah sampan yang tidak bisa dimuati 100 orang, kita juga harus menyadari kemampuan kita terkait dengan tujuan kita. Realistis bukan berarti takut memulai sesuatu tetapi lebih ke menjadi perencana yang berwawasan luas.

5. Timely (Waktu)… Dalam melakukan langkah-langkah di atas, kita harus memberikan tempo atau jangka waktu. Berikut batasan waktu untuk masing-masing tujuan sehingga kita tahu apa yang telah kita lakukan tercapai atau tidak. Tentu akan menjadi sebuah pencapaian yang kurang afdol jika target tahun 2009 tercapainya tahun 2019.

Jika anda bisa mencapai target atau tujuan anda, sekali-kali lakukanlah ucapan syukur. Rayakanlah keberhasilan tersebut dengan ungkapan syukur. Bisa makan-makan, seneng-seneng, pesta atau hal lain yang proporsional. Langkah-langkah di atas merupakan jalur cepat untuk sukses anda, dan membantu anda menuju keinginan anda.

Buatlah sisa tahun 2009 ini menjadi bagian terbaik yang pernah anda buat. Dan jangan lupa untuk memulai langkah anda...

0 area,

73


2 comments:

On June 8, 2009 at 12:56 PM , Rivai YB3TD said...

betul, kudu dimulai dari sekarang. selak tuwo, selak rak keduman. hehehe.

 
On June 8, 2009 at 10:21 PM , yc0nho said...

Betul om.. Awake dewe wis tuwo, terus yen selak ora keduman soyo repot.. Jatah umur kita keburu habis... Suwun wis mampir